Sunday, September 24, 2017
A- A A+

Moto

Facilitating people to a better future

 

Sosialisasi Program Studi Doktor (S3) Pendidikan MIPA dan Doktor (S3) Kependidikan Universitas Jambi

 

sosialisasi doktor

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi telah menggelar sosialisasi Program Studi Doktor Pendidikan MIPA dan Doktor Kependidikan di Ruang Senat Universitas Jambi, Rabu (26/3).

Acara ini dibuka oleh Dekan FKIP Prof. Muhammad Rusdi didampingi oleh Direktur Pascasarjana Universitas Jambi Bapak H. Yusrial, Ph.D serta ketua Prodi S3 Bapak Prof. Mujiono Wiryotinoyo dan Prof. Asrial.

 

Acara Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan Program Studi baru yang dikembangkan oleh Universitas Jambi khususnya Program Studi Doktor (S3) dan juga mengenalkan jalur-jalur serta tata cara penerimaan yang dapat ditempuh oleh calon mahasiswa yang berminat untuk menempuh pendidikan di UNJA. Hal ini dilakukan sesuai Mandat Dirjen Dikti tertanggal 28 Januari 2014 tentang Peningkatan Sumber Daya Manusia disuatu sekolah. Universitas Jambi membuka 23 Program Studi baru meliputi Prodi Teknik Sipil (S1), Prodi Teknik Elektro (S1), Prodi Teknik Lingkungan (S1), Prodi Teknik Kimia (S1), Prodi Teknik Geofisika (S1), Prodi Teknologi Hasil Perikanan (D3), dan lainnya termasuk Prodi Doktor Pendidikan MIPA dan Kependidikan Universitas Jambi. 

Saat ini, baru 11,2% tenaga pengajar diperguruan tinggi Indonesia yang menyandang gelar S3 (Doktor). Hal ini masih jauh dari target pemerintah Indonesia yang menargetkan angka 20% pada tahun 2012 dari total tenaga pengajar di prguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang pemberian Mandat terhadap Universitas-Universitas yang ada di Indonesia termasuk salah satunya Universitas Jambi.

 

“Universitas Jambi dirasa mampu memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Doktor di Indonesia. Maka diberilah mandat ke Universitas Jambi terutama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan jumlah guru besar sebanyak 11 orang, Doktor sebanyak 43 orang dan akan segera bertambah kurang lebih 37 orang dalam waktu dekat ini” jelas Dekan FKIP saat membuka acara. (Sumber Website FKIP Unja)